Sistem Catu Daya Antarmuka Grid berdasarkan Energi Baru Terbarukan

Main Article Content

Efendi

Abstract

Beberapa teknologi sel bahan bakar akan segera menjadi alternatif yang terjangkau dan menarik untuk pembangkit energi tradisional. Teknologi energi terbarukan telah memicu minat luas dalam memberi daya pada tempat-tempat pedesaan dan menghasilkan daya terdistribusi, terutama selama beban puncak. Pembangkit listrik berbasis sel bahan bakar mendapatkan dukungan aplikasi di rumah dan pembangkit listrik terdistribusi karena kebersihan, portabilitas, dan kesesuaiannya untuk pembangkit listrik dan panas. Masalahnya tetap dalam mengembangkan antarmuka elektronik daya yang sesuai untuk membuat teknologi layak. Penelitian ini menyajikan pemodelan, simulasi, dan analisis eksperimental pembangkit listrik sel bahan bakar (FC) yang cocok untuk aplikasi stand-alone dan antarmuka microgrid/grid, menggunakan berbagai pengontrol seperti Kontroler PI PID dan Kontrol Logika Fuzzy. Inverter modulasi lebar pulsa satu tahap dipilih sebagai antarmuka daya listrik antara FC dan jaringan. Sebuah model matematis dibangun per unit sistem untuk menentukan batas daya dalam hal FC, konverter, dan parameter sistem daya. Model simulasi dibuat dalam lingkungan MATLAB, dengan metode kontrol diimplementasikan dalam kerangka referensi QD. Sebuah perbandingan dari tiga kontroler yang berbeda dibuat.

Article Details

How to Cite
[1]
Efendi, “Sistem Catu Daya Antarmuka Grid berdasarkan Energi Baru Terbarukan”, Fidelity, vol. 3, no. 1, pp. 18-22, Jan. 2021.
Section
Articles
Received 2020-11-04
Accepted 2020-12-11
Published 2021-01-30

References

Shailendra Jain, Jin Jiang, Xinhong Huang, Member and Srdjan Stevandic, "Modeling of Fuel-Cell-Based Power Supply System for Grid Interface"Proc. IEEE, vol.48, no.4,pp. 1142- 1153, july/august 2012

M. Farooque and H. C. Maru, "Fuel cell the clean and efficient power generators," Proc. IEEE, vol. 89, no. 12, pp. 1819–1829, Dec. 2001.

M. L. Perry and S. Kotso, "A back-up power solution with no batteries," in Proc. IEEE IEEE Telecommun. Energy Conf., Sep. 19–23, 2004, pp. 210–217.

M. W. Ellis, M. R. Von Spakovsky, and D. J. Nelson, "Fuel cell systems:Efficient,flexible energy conversion for the 21st century," Proc. IEEE, vol. 89, no. 12, pp. 1808–1818, Dec. 2001.

M. C. Williams, "Fuel cells and the world energy future," in Proc. IEEE-PES Summer Meeting, Vancouver, BC, Canada, Jul. 15–19, 2001, pp. 725–730.

J. Anzicek and M. Thompson, "DC–DC boost converter design for Kettering University’s gem fuel cell vehicle," in Proc. IEEE Elect. Insul. Conf., 2005, pp. 307–316.

W. Gao, "Performance comparison of a fuel cell-battery hybrid powertrain and a fuel cell-ultracapacitor hybrid powertrain," IEEE Trans. Veh. Technol., vol. 54, no. 3, pp. 846–855, May 2005.

K. Rajashekara, "Power conversion and control strategies for fuel cell vehicles," in Proc. IEEE IECON, Nov. 2–6, 2003, vol. 3, pp. 2865–2870.

G. K. Andersen, C. Klumpner, S. B. Kjter, and F. Blaabjerg, "A newgreen power inverter for fuel cells," in Proc. PESC, Jun. 23–27, 2002, pp. 727–733.

T. A. Nergaard, J. F. Ferrell, L. G. Leslie, and J.-S. Lai, "Design considerations for a 48 V fuel cell to split single phase inverter system with ultracapacitor energy storage," in Proc. IEEE PESC, Jun. 23–27, 2002, vol. 2, pp. 2007–2012.