Desain dan Implementasi Sawit Biomorfik Menggunakan Pemrograman Arduino

Main Article Content

Fitra Phila Lismana

Abstract

Dalam kode Etik, teknologi masa depan yang berkembang, seperti robot biomorfik bertujuan membantu orang melakukan aktivitas melelahkan yang tidak dapat mereka lakukan karena keterbatasan fisik. Robotika biomorfik adalah sub bidang robotika yang mengemulasi sistem mekanik, sensorik, struktural, dan komputasi hewan. Mereka mendiskusikan bagaimana ide-ide yang diilhami secara biologis dapat digunakan untuk menavigasi seluk-beluk dunia yang sebenarnya. Menggunakan salah satu platform prototipe listrik open-source yang paling kuat, Arduino, artikel ini menjelaskan desain dan implementasi telapak tangan biomorfik. Arduino IDE akan digunakan sebagai perangkat lunak, dan modul XBEE akan menyediakan koneksi nirkabel antara telapak tangan manusia dan telapak tangan robot

Article Details

How to Cite
[1]
F. P. Lismana, “Desain dan Implementasi Sawit Biomorfik Menggunakan Pemrograman Arduino”, Fidelity, vol. 4, no. 1, pp. 11-14, Jan. 2022.
Section
Articles
Received 2021-10-04
Accepted 2021-11-02
Published 2022-01-31

References

Margolis, Michael, Brian Jepson, and Nicholas Robert Weldin. Arduino cookbook: recipes to begin, expand, and enhance your projects. O'Reilly Media, 2020.

Lashin, Maha M. "A Different Applications of Arduino." International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET) 5.6 (2014): 36-46.

Fauzi, Yoki Rijal. "Perancangan Soft Starting pada Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan Mikrokontroler Atmega328."

PhD diss., Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

Novi, Azman. "Internet of Things dan Komputasi Edge Pengenalan Hingga Keamanan." (2020).

Saggio, Giovanni, and Giancarlo Orengo. "Flex sensor characterization against shape and curvature changes." Sensors and Actuators A: Physical 273 (2018): 221-231.

GHOSH, ANKIT. "WIRELESS TEMPERATURE MONITORING AND CONTROL USING BLUETOOTH." PhD diss., University of Technology, 2019.