Gambar No-Referensi Berdasarkan Klasifikasi Fuzzy untuk Penilaian Kualitas

Main Article Content

Mundi Wiwit Kurniaga

Abstract

Sulit untuk melakukan Penilaian Kualitas Gambar (IQA) pada gambar yang terdistorsi atau didekompresi tanpa menggunakan gambar asli sebagai referensi. Cara terbaik untuk menilai kualitas gambar tanpa mengacu pada aslinya adalah dengan menggunakan pengamat manusia, yang diyakini paling objektif. Pendekatan logika fuzzy digunakan dalam proyek ini untuk menganalisis entropi informasi dari bagian foto yang signifikan secara visual, dan nilai linguistik digunakan untuk mengevaluasi kualitas gambar. Selain itu, pendekatan berdasarkan himpunan fuzzy Interval Type-2 (IT2) dan fungsi keanggotaannya digunakan untuk mengubah item menjadi ruang yang tidak terdefinisi. Dengan menggunakan teknik ini, dimungkinkan untuk mengantisipasi kualitas gambar semirip mungkin dengan pengamatan manusia. Membandingkan ukuran kualitas gambar yang disarankan dengan metrik tanpa referensi yang ada, kami menemukan itu lebih akurat dan dapat disesuaikan dengan metrik skor opini rata-rata subjektif daripada yang lain

Article Details

How to Cite
[1]
M. Wiwit Kurniaga, “Gambar No-Referensi Berdasarkan Klasifikasi Fuzzy untuk Penilaian Kualitas”, Fidelity, vol. 2, no. 2, pp. 39-42, May 2020.
Section
Articles
Received 2020-03-02
Accepted 2020-04-10
Published 2020-05-31

References

Zhou Wang, Guixing Wu, Hamid Rahim Sheikh, Eero P. Simoncelli, En-Hui Yang, and Alan Conrad Bovik, "Quality-Aware Images", (2006).

Tomas Brandao, Maria Paula Queluza, "No-reference image quality assessment based on DCT domain statistics",(2007).

T. Oh, J. Park, K. Seshadrinathan, S. Lee, A. C. Bovik, "No-reference sharpness assessment of camera-shaken images by analysis of spectral structure", (2014).

L. Y. Zhou, Z. B. Zhang, "No-reference image quality assessment based on noise, blurring and blocking effect",(2014).

Q. Sang, X. Wu, C. Li, A. C. Bovik, "Blind image quality assessment using a reciprocal singular value curve",(2014).

S. Corchs, F. Gasparini, R. Schettini, "No reference image quality classification for JPEG-distorted images",(2014).

L. Liu, H. Dong, H. Huang, A.C. Bovik, "No-reference image quality assessment in curvelet domain",(2014).

Y. Li, X. Lai-Man Po, L. Xu, Feng, "No-reference image quality assessment using statistical characterization in the shearlet domain",(2014).

L. Liu, B. Liu, H. Huang, A.C. Bovik, "No-reference image quality assessment based on spatial and spectral entropies",(2014).

Y. Zhanga, A. K. Moorthy, D. M. Chandler, A. C. Bovik, "C-DIIVINE: no-reference image quality assessment based on local magnitude and phase statistics of natural scenes",(2014).

De, J. Sil, "No Reference Image Quality Assessment Using Fuzzy Relational Classifier",(2011).

De, J. Sil, "Entropy based fuzzy classification of images on quality assessment",(2012).

De, J. Sil, "No Reference Image Quality Assessment by Designing Fuzzy Relational Classifier Using MOS Weight Matrix",(2012).

M. Kumru, "Assessing the visual quality of sanitary ware by fuzzy logic",(2013).

Wen Lu, Ning Mei, Fei Gao, Lihuo He and Xinbo Gao, "Blind image quality assessment via semi-supervised learning and fuzzy inference",(2015).


Most read articles by the same author(s)