Menggabungkan Teknik Pemrosesan Gambar dengan Data dari Sensor Seluler untuk Membuat Rekonstruksi Produk Tanpa Penanda Menggunakan Augmented Reality

Main Article Content

Juni Kusuma Hadi

Abstract

Rekonstruksi tanpa penanda yang memanfaatkan Augmented Reality (AR) dan perangkat seluler adalah pekerjaan yang hampir mustahil. Ini karena kurangnya kapasitas pemrosesan di perangkat seluler ketika mempertimbangkan pendekatan pelacakan berbasis penglihatan, dan karena kurangnya akurasi dalam Sistem Pemosisian Global portabel ketika mempertimbangkan pendekatan pelacakan berbasis sensor seluler (GPS). Studi ini mengusulkan metode unik yang menggabungkan teknik pemrosesan gambar dengan data sensor seluler untuk mencapai lokalisasi posisi yang tepat dan rekonstruksi berbasis augmented reality menggunakan perangkat seluler untuk menyelesaikan masalah ini. Teknik pemrosesan gambar yang digunakan untuk menentukan skala objek dalam gambar tertentu yang diambil dari perangkat seluler pengguna adalah inti dari metodologi yang diusulkan ini. Tempat paling optimal untuk lokasi pengguna tertentu diklasifikasikan menggunakan informasi sensor seluler. Temuan yang diperoleh dengan menggunakan perangkat Real-Time Kinematic (RTK) akurat 10 cm dan hasil yang diperoleh hanya dengan menggunakan chip Assisted Global Positioning System (A-GPS) di perangkat seluler dibandingkan dengan yang diperoleh dengan menggunakan metodologi yang diusulkan. Meskipun metodologi yang diusulkan ini membutuhkan lebih banyak waktu pemrosesan daripada chip A-GPS, tingkat akurasinya mengungguli chip A-GPS. Hasil eksperimen yang dilakukan semakin meyakinkan kami bahwa metodologi yang diusulkan ini memfasilitasi peningkatan akurasi lokalisasi posisi untuk rekonstruksi berbasis augmented reality menggunakan perangkat seluler di bawah batasan tertentu

Article Details

How to Cite
[1]
J. Kusuma Hadi, “Menggabungkan Teknik Pemrosesan Gambar dengan Data dari Sensor Seluler untuk Membuat Rekonstruksi Produk Tanpa Penanda Menggunakan Augmented Reality”, Fidelity, vol. 2, no. 1, pp. 25-29, Jan. 2020.
Section
Articles
Received 2019-11-12
Accepted 2019-12-17
Published 2020-01-31

References


  1. Mark Billinghurst, Adrian Clark, Gun Lee. (2014). A Survey of Aug- mented Reality (Vol. 8). Foundations and Trends in Human-Computer Interaction. doi:10.1561/1100000049

  2. Slater Mel, Gonzalez-Liencres Cristina, Haggard Patrick, Vinkers Char- lotte, Gregory-Clarke Rebecca, Jelley Steve, Watson Zillah, Breen Graham, Schwarz Raz, Steptoe William, Szostak Dalila, Halan Shiv- ashankar, Fox Deborah, Silver Jeremy. (2020). The Ethics of Realism in Virtual and Augmented Reality. Frontiers in Virtual Reality, vol. 1 (2020). https://doi.org/10.3389/frvir.2020.00001

  3. He, Z., Wu, L., Li, X. (2018). When are meets tech: The role of aug- mented reality in enhancing musuem experinces and purchase intentions. Tourism MANAGEMENT, 68, 127139.

  4. Han, D. I. D., tom Dieck, M. C., Jung, T. (2019). Augmented Reality Smart Glasses (ARSG) visitoradoption in cultural tourism. Leisure Studies, 116.

  5. Didier Stricker, Thomas Kettenbach. (2001). Real-time and Marker- less VisionBased Tracking for Outdoor Augmented Reality Applica- tions. IEEE and ACM International Symposium on Augmented Reality (ISAR01)

  6. Miller MR, Jun H, Herrera F, Yu Villa J, Welch G, Bailenson JN (2019) Social interaction in augmented reality.PLoS ONE 14(5): e0216290. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0216290

  7. Paul A. Zandbergen, Sean J. Barbeau. (2011, JULY). Positional Accu- racy of Assisted GPS Data from High-Sensitivity GPS-enabled Mobile Phones. THE JOURNAL OF NAVIGATION, 64, 381399.

  8. Du, H., Zhang, C., Ye, Q. et al. A hybrid outdoor localization scheme with high-position accuracy and low-power consumption. J Wireless Com Network 2018, 4 (2018). https://doi.org/10.1186/s13638-017-1010- 4

  9. Y. Siriwardhana, P. Porambage, M. Liyanage and M. Ylianttila, ”A Survey on Mobile Augmented Reality With 5G Mobile Edge Com- puting: Architectures, Applications, and Technical Aspects,” in IEEE Communications Surveys and Tutorials, vol. 23, no. 2, pp. 1160-1192, Secondquarter 2021, doi: 10.1109/COMST.2021.3061981.

  10. Gerhard Schall, Daniel Wagner, Gerhard Reitmayr, Elise Taichmann, Manfred Wieser, Dieter Schmalstieg, Bernhard Hofmann-Wellenhof. (2009). Global Pose Estimation using Multi-Sensor Fusion for Outdoor Augmented Reality. IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality 2009, (pp. 153- 162). Orlando, Florida, USA.

  11. Vassilios Vlahakis, John Karigiannis, Manolis Tsotros, Michael Gounaris, Luis Almeida, Didier Stricker, . . . Nikos Ioannidis. (2001). ARCHEOGUIDE: First results of an Augmented Reality, Mobile Com- puting System in Cultural Heritage Sites. doi:10.1145/584993.585015

  12. Qing Hong Gao, Tao Ruan Wan, Wen Tang, Long Chen. (2017). A Stable and Accurate Marker-less Augmented Reality Registration Method. International Conference on Cyberworlds, (pp. 41-47).

  13. Ebrahim Karami, Siva Prasad, Mohamed Shehata. (2015). Image Match- ing Using SIFT, SURF, BRIEF and ORB: Performance Comparison for Distorted Images. Newfoundland Electrical and Computer Engineering Conference. St. johns, Canada

  14. Gerhard Reitmayr, Tobias Langlotz, Daniel Wagner , Alessandro Mul- loni, Gerhard Schall, Dieter Schmals, Qi Pan. (2010, July 7-10 ). Simul- taneous Localization and Mapping for Augmented Reality. International Symposium on Ubiquitous Virtual Reality.

  15. A. F. Seber, G., J. Lee, A. (2003). Linear Regression Analysis. Auckland, New Zealand: WILEY

  16. Kifana, B. D., Abdurohman , M. (2012, APRIL 04 ). Great Circle Distance Method for Improving Operational Control System Based on GPS Tracking System. International Journal on Computer Science and Engineering (IJCSE), 04.