Rancang Bangun Sistem Deteksi Harga Perkakas Dengan Menggunakan Augmented Reality
Main Article Content
Abstract
Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang dapat menampilkan informasi yang bersifat virtual namun di sajikan pada pandangan dunia nyata. Dengan teknologi ini dalam dunia usaha yang memadai penyajian informasi dapat dilakukan dengan tepat dan akurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi yang dapat menampilkan informasi harga barang menggunakan kamera pada smartphone android. Metode untuk mencapai tujuan dari penulisan ini yaitu dengan metode eksperimen memanfaatkan database sebagai tempat penyimpanan data harga barang dan mengumpulkan sample objek yang ada sebagai target yang akan dikenali oleh kamera untuk menampilkan informasi harga barang. Hasil dari penelitian ini yaitu menampilkan informasi harga perkakas dengan cara mengambil data dari database yang akan secara otomatis ditampilkan oleh aplikasi menggunakan kamera pada smartphone
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with FIDELITY : Jurnal Teknik Elektro agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Jurnal FIDELITY : Jurnal Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2021-08-08
Published 2021-09-30
References
A. Wafiah, U. Suwardoyo, and F. Syawal, "Aplikasi Mendeteksi Jenis Harga Assesories Handphone Menggunakan Augmented Reality," J. Sintaks Log., vol. 1, no. 1, pp. 26–32, 2021, doi: https://doi.org/10.31850/jsilog.v1i1.693.
G. G. Maulana, "Penerapan Augmented Reality Untuk Pemasaran Produk Menggunakan Software Unity 3D dan Vuforia," J. Tek. Mesin (JTM(, vol. 6, no. 2, pp. 74–78, 2017, doi: 10.22441/jtm.v6i2.1184.
M. T. Alfarezha, A. N. Fauziyah, and H. A. Fauzi, "Development Of Digital Marketing Application For Gerabah Crafts Product Using Augmented Reality Technology," e-Proceeding Appl. Sci., vol. 7, no. 4, pp. 917–924, 2021.
O. Mukhtar and F. Wahmuda, "Desain Rak Display Untuk Penerbit Zifatama," J. Kreat. Desain Prod. Ind. dan Arsit., vol. 9, no. 2, p. 9, 2021, doi: 10.46964/jkdpia.v9i2.177.
L. Hakim, "Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality," Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 59–72, 2018, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6.
I. Bagus and M. Mahendra, "Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk," J. Ilm. ILMU Komput. Univ. Udayana, vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2016, doi: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/26341.
M. Andriansyah, A. I. Sukowati, and F. Rachmania, "Aplikasi Warisan Budaya Senjata Tradisional Provinsi Banten Berbasis Augmented Reality Pada Smartphone Android," vol. 1, pp. 134–141, 2018.
A. Armia and Z. Ardian, "Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Gedung Kampus Universitas Ubudiyah Indonesia," J. Informatics Comput. Sci., vol. 7, no. 1, pp. 10–16, 2021.