Sistem Informasi Monitoring Iklan Berbasis Web pada PT. Net Visi Media Tbk
Main Article Content
Abstract
Net Visi Media Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha industri media. Lini usahanya meliputi bidang penyiaran televisi, produksi konten, manajemen artis, dan media digital. Melalui anak perusahaannya NET Mediatama Televisi, Net menyajikan tayangan hiburan layar kaca lewat konten yang positif dan menginspirasi. Dalam dunia pertelevisian, iklan adalah sumber utama pendapatan perusahaan. Tanpa adanya iklan, perusahaan tidak akan memiliki pemasukan yang cukup untuk proses produksi konten program televisi. Terkadang iklan mendapat revisi dari klien, bisa isi konten iklan yang berubah maupun posisi dari iklan tersebut pada suatu program televisi. Komunikasi yang dipergunakan selama ini hanya melalui layanan perpesanan instan, hal ini dirasa kurang efisien bagi penulis, karena klien tidak bisa melihat langsung secara real time posisi iklan tersebut dan rawan miskomunikasi. Maka dari itu, diperlukan inovasi untuk proses monitoring iklan secara real time dan bisa diakses dari mana saja, sehingga mengurangi resiko miskomunikasi antara perusahaan dan klien. Penulis memilih sistem informasi monitoring iklan berbasis web karena dengan kemajuan teknologi dan internet, penulis rasa sangat mudah mengakses sebuah web dari device apapun. Sistem informasi monitoring berbasis web ini dirancang menggunakan Bahasa pemrograman PHP sebagai script server-side dan CSS sebagai interface web.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with FIDELITY : Jurnal Teknik Elektro agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Jurnal FIDELITY : Jurnal Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2022-09-24
Published 2022-09-30
References
[1] R. S. M. Permana and J. N. Mahameruaji, Strategi Pemanfaatan Media Baru Net. TV, J. Stud. Komun. dan Media, vol. 23, no. 1, pp.2136, 2019, doi: 10.31445/jskm.2019.1770.
[2] R. S. Akbar, R. Purbasari, M. Purnomo, D. A. Bisnis, and U. Padjadjaran, Corporate Entrepreneurship : Inovasi Net Visi Media dalam Menghadapi Digitalisasi, J. Investasi, vol. 8, no. 2, pp. 1931, 2022.
[3] S. Aisyah et al., Dasar-Dasar Periklanan, no. April. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
[4] A. Priliantini, Menilik Dilema Ideologi Radio Swasta Lokal Dan Strategi Periklanannya, J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 1828, 2017, doi: 10.31504/komunika.v6i2.1047.
[5] Morissan, Periklanan: komunikasi pemasaran terpadu, 1st ed. Jakarta: Prenadamedia Group, 2010.
[6] A. Firmansyah, Komunikasi Pemasaran, 1st ed., no. Juni. Pasuruan: Qiara Media, 2020.
[7] Karna, Master Control Room (Mcr) Televisi Dalam Penyiaran Program Acara Tvri Jawa Barat, J. Ilm. Tek. Stud., vol. 4, no. 2, pp.115124, 2018.
[8] D. Iskandar, Iklim Komunikasi Organisasi Di Master Control Room..., J. Visi Komun., vol. 13, no. 1, pp. 119, 2014, doi:http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v13i1.351.
[9] A. Hendini, Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang, J. Khatulistiwa Inform., vol. 4, no. 2, pp. 107116, 2016, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
[10] G. F. Nama, A. M. Hanafi, M. B. Nurfaif, and M. T. Sandikapura, Dashboard Monitoring System Berbasis Web Sebagai Pemantau Layanan liteBIG Instant Messenger, J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 1926, 2017, doi: 10.25077/teknosi.v3i1.2017.19-26.
[11] N. Azis, Analisis Perancangan Sistem Informasi. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022.
[12] S. A. Hurrijal and R. Gupitha, Sistem Informasi Monitoring Sales Berbasis Web Pada PT. Arifindo Mandiri TDC Pamanukan, J.Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 2, pp. 6367, 2020.
[13] P. S. Saputra, W. Budiawan, and S. Sriyanto, Perancangan Sistem Informasi Monitoring Status Pembayaran Apartemen Berbasis Web (Studi Kasus: Paltrow City, Semarang), Ind. Eng. Online J., vol. 5, no. 1, 2016.
[14] A. Firman, H. F. Wowor, and X. Najoan, Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web, E-journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 2, pp. 2936, 2016, doi:10.29300/syr.v18i1.1568.
[15] A. N. Aditya, Jago php dan MySQL, 1st ed. Jakarta: Dunia Komputer, 2011.
[16] A. A. Setiawan, A. S. M. Lumenta, and S. R. U. A. Sompie, Rancang Bangun Aplikasi Unsrat E-Catalog, J. Tek. Inform., vol.14, no. 4, pp. 19, 2019.
[17] B. Maryanto, Memanfaatkan Cascading Style Sheet, Media Inform., vol. 8, no. 2, pp. 8289, 2009.