Penerapan Data Mining Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokan Buku Perpustakaan Politeknik Negeri Balikpapan

Main Article Content

Maria Ulfah
Andi Sri Irtwaty

Abstract

Perpustakaan Politeknik Negeri Balikpapan, setiap tahunnya menggadakan penambahan koleksi buku bacaan. Agar penggadaan buku tersebut sesuai dengan kebutuhan pengguna yakni mahasiswa maka diperlukan informasi koleksi buku yang dibutuhkan atau diminati. Untuk menjawab permasalahan ini , maka perlukan sistem clustering buku-buku yang ada diperpustakaan dengan melihat aspek frekuensi peminjaman. Sistem Clustering yang dibuat meggunakan metode K-Means dengan pemilihan 3 Cluster yakni, sangat diminati, diminati dan kurang diminati. Dari hasil pengolahan data melalui Aplikasi Rapid Miner dengan K=3 , didapatkan hasil cluster_0   ( rendah) terdiri 82 judul buku dengan frekuensi peminjaman buku nya dalam kategori jarang dengan kata lain kurang diminati untuk dipinjam, cluster_1 (sedang) terdiri dari 23 judul buku yang merupakan buku-buku dengan frekuensi peminjaman sedang dengan kata lain dikategorikan diminati untuk dipinjam, cluster_2  (tinggi) terdiri dari 2 judul buku merupakan kelompok buku yang paling diminati yang terdiri dari 2 judul buku yakni Teknologi Beton dan buku Teori dan Praktik hotel Front Office. Hasil pengelompokan data buku-buku ini dapat menjadi masukkan bagi pengelola perpustakaan dalam pengadaan koleksi  buku berdasarkan  frekuensi peminjaman buku.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Ulfah and A. Sri Irtwaty, “Penerapan Data Mining Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokan Buku Perpustakaan Politeknik Negeri Balikpapan ”, Fidelity, vol. 4, no. 3, pp. 62-68, Sep. 2022.
Section
Articles
Received 2022-08-19
Accepted 2022-09-25
Published 2022-09-30